Masjid NURUL ANWAR

Maju Bersama Dalam Ilmu dan Amal

Keutamaan Menuntut Ilmu Pengetahuan


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin, Ashalatu wassalamu ‘Ala asrafil ambiyai walmursalin, sayyidina Muhammadin wa’alaa ‘alihi wa’ashabihi ajma’in amma ba’du.

Sebelum saya bertausiyah, saya punya lagu nih… Bulatkan niat Kuatkan Taqwa Jauhkan maksiyat Bertawadhu selamanya Hormati gurumu Gunakan waktumu Panjatkanlah doa Yang terakhir tawakkal-Nya Ilmu itu suci cahaya Illahi Jagalah hati agar slalu suci Galilah ilmumu sampai ke akarnya Dari buaianmu sampai akhirat-Nya Janganlah pernah dungu akan karunia-Nya Amalkan semua ilmu jadi orang yang berguna (Lirik lagu: Kunci Ilmu by Ansyada) Teman-teman….. Allah SWT dalam Al-Qur’an berfirman yang artinya:

Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. (Q.S. Al-Mujadalah: 11)

Dari ayat tersebut diatas teman-teman, kita bisa mengambil pelajaran, bahwa orang yang memiliki ilmu pengetahuan dan orang yang beriman kepada Allah SWT derajatnya lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang buta ilmu pengetahuan, serta orang kafir – yang tidak yakin dan percaya dengan Allah SWT.

Oleh karena itu teman-teman, kita harus terus menerus menuntut ilmu, baik itu IPA, IPS, Matematika, Bahasa, lebih-lebih Ilmu Agama seperti yang kita pelajari di TPQ ‘Ibadurrahman sekarang ini.

Sebab apa teman-teman? Sebab kita harus meraih dua macam kebahagiaan, yaitu kebahagiaan di dunia, juga kebahagiaan di akhirat. Bahkan teman-teman, kebahagiaan yang paling hakiki itu adalah kebahagiaan di akhirat. Mengapa? Sebab disanalah kita akan hidup kekal selama-lamanya. Sedangkan hidup di dunia ini hanya sementara, tidak akan kekal, tidak akan abadi, tidak akan lama.

Makanya teman-teman, yuk kita tuntut ilmu dengan sungguh-sungguh. Gimana ya caranya? Nih, saya punya tips buat teman-teman:

  1. Perhatikan baik-baik apa yang diajarkan oleh para guru, ustadz dan ustadzah kita, jangan main-main dan jangan ngobrol sendiri.
  2. Rajin-rajinlah baca buku. Jangan gunakan semua waktu kita untuk main-main saja, sisakan juga dong buat belajar sendiri di rumah.
  3. Jangan malu atau malas bertanya kepada para ustadz, para ustadzah, atau kepada orang tua kita kalau kita belum paham.

Nah teman-teman… Hanya itu tausiyah dari saya, semoga ada manfaatnya bagi kita semua, amin ya rabbal ‘alamin.

Teman-teman…. Ada penyu jalannya lambat Tapi akhirnya dia sampai dengan selamat Menuntut ilmu emang berat Tapi kita harus tetap semangat! Wabillahittaufiq wal hidayah Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tags: ,

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: